Tuesday, November 1, 2011

SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 IPA KELAS IX (PREDIKSI)

Pilihlah jawaban yang paling benar!
(Pilihlah soal yang sesuai dengan kurikulum di sekolah anda masing-masing)
1. Terjadinya filtrasi di ginjal berlangsung di bagian yang disebut …
a. Medulla
b. Pelvis renalis
c. Tubulus
d. Glomerulus

2. Suatu kelainan ekskresi yang ditandai dengan ditemukannya molekul glukosa dalam urin disebut …
a. Albuminaria
b. Hematuria
c. Diabetes Mellitus
d. Diabetes Insipidus

3. Pada saat cuaca panas kita banyak mengeluarkan keringat. Tujuan pengeluaran keringat dari dalam tubuh adalah …
a. Mengeluarkan kelebihan ari
b. Mengurangi garam dalam sel
c. Mengurangi lemak
d. Menurunkan suhu tubuh

4. Perhatikan gambar!

Tempat berlangsungnya fertilisasi terdapat pada nomor …
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

5. Diantara pernyataan berikut yang menyatakan pengertian menstruasi secara tepat adalah …
a. Proses pengeluaran darah kotor dari organ reproduksi wanita
b. Proses pengeluaran zygot yang tidak berkembang disertai dengan keluarnya darah dari organ reproduksi wanita
c. Proses pengeluaran ovum yang tidak dibuahi beserta luruhnya lapisan endometrium dari tubuh seorang wanita
d. Proses pengeluaran plasenta dari organ reproduksi seorang wanita

6. Penyakit berikut yang dapat ditularkan melalui organ reproduksi adalah …
a. AIDS dan Diabetes Mellitus
b. Kencing nanah dan Nefritis
c. Kencing batu dan Sifilis
d. Gonorea dan herpes kelamin

7. Sistem yang berperan penting dalam pengaturan semua organ tubuh agar bekerja dengan baik adalah …
a. Sistem pencernaan dan sistem pernafasan
b. Sistem saraf dan sistem gerak
c. Sistem pernafasan dan sistem transportasi
d. Sistem saraf dan sistem hormon

8. Jalannya rangsang pada gerak refleks adalah …
a. Rangsang – saraf sensorik – saraf motorik – otak – sumsum tulang belakang – efektor
b. Rangsang – saraf sensorik – sumsum tulang belakang – saraf motorik – efektor
c. Rangsang – saraf sensorik – otak – saraf motorik – efektor
d. Rangsang – saraf motorik – sumsum tulang belakang – saraf sensorik – efektor

9. Diantara contoh gerak berikut yang termasuk gerak refleks otak adalah …
a. Gerak refleks tangan menghindar dari bara api rokok
b. Gerak refleks kejap mata ketika bola mata terasa kering
c. Gerak refleks menjerit ketika melihat sesuatu yang menakutkan
d. Gerak refleks kaki menghindari dari tusukan duri

10. Andi sering mengeluh kepada ibunya, tiap kali melihat benda yang letaknya jauh ia merasa tidak jelas. Nama kelainan mata yang diderita Andi dan keadaan yang sebenarnya terjadi di bola mata Andi adalah …
a. Miopi, karena bayangan benda terletak di depan retina
b. Hipermetropi, karena bayangan benda terletak di belakang retina
c. Presbiopi, karena bayangan benda terletak di depan retina
d. Xerofthalmia, karena bayangan benda terletak di belakang retina

11. Berikut ini beberapa ciri tumbuhan enceng gondok :
1) Batang dan daunnya berwarna hijau
2) Daunnya tipis melebar
3) Akarnya serabut
4) Pangkal batangnya menggembung
5) Bila dipotong batangnya tampak berongga-rongga
Diantara ciri-ciri tersebut yang paling mendukung terhadap kehidupannya di air adalah …
a. 1, 2, 3
b. 3, 4, 5
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 5

12. Di Inggris, kupu-kupu Biston betularia mulanya banyak bersayap cerah, akibat revolusi industri banyak kupu-kupu bersayap gelap. Hal ini karena …
a. Warna sayap gelap mudah terlihat oleh predator
b. Warna sayap cerah berubah menjadi warna gelap
c. Warna sayap cerah terlindung oleh lingkungan
d. Warna sayap gelap sulit diamati oleh predator

13. Salah satu indikator suatu spesies berhasil mempertahankan kelangsungan hidupnya adalah …
a. Jumlah populasinya konstan
b. Jumlah kematian banyak
c. Tingkat perkembangbiakan tinggi
d. Jumlah individu yang terserang hama/penyakit banyak

14. Berikut ini adalah tumbuhan yang reproduksinya dengan umbi batang adalah …
a. Ubi kayu dan ubi jalar
b. Dahlia dan bawang merah
c. Kentang dan ubi jalar
d. Jahe dan kunyit

15. Buah mangga berukuran besar, rasa manis, dan daging buah tebal. Sifat-sifat tersebut disebut …
a. Genotip
b. Fenotip
c. Dominan
d. Resesif

16. Jika suatu individu bergenotip BbMn, maka macam gametnya adalah …
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

17. Kelinci berbulu hitam disilangkan dengan kelinci berbulu putih. Warna hitam ditentukan oleh gen H dan warna putih oleh gen h, keduanya bersifat intermediet. Jika F1 disilangkan sesamanya maka perbandingan fenotip pada F2 adalah …
a. 3 : 1
b. 1 : 3 : 1
c. 1 : 2 : 1
d. 9 : 3 : 3 : 1

18. Jika kelinci berbulu putih kurus (AAbb) disilangkan dengan kelinci berbulu hitam gemuk (aaBB), maka genotip dan fenotip pada F1 adalah …
a. AABB, bulu putih badan gemuk
b. AaBb, bulu putih badan gemuk
c. aaBb, bulu hitam badan kurus
d. Aabb, bulu putih badan kurus

19. Nata de coco merupakan salah satu jenis makanan yang cukup disukai untuk dibuat campuran minuman. Namun, dalam proses pembuatannya, jenis ini ternyata menggunakan peranan sejenis bakteri yang namanya …
a. Rhizopus stolonifer
b. Saccharomyces cerevisiae
c. Acetobacter xylinum
d. Lactobacillus bulgaricus

20. Seorang petani anggrek, untuk tujuan komersial mengembangkan tanamannya dengan menggunakan teknik kultur jaringan. Maka, hasil keturunannya adalah …
a. Bervariasi, jumlah banyak, waktu cepat, sifat lebih baik dari induknya
b. Bervariasi, jumlah banyak, waktu lama, sifat sama dengan induknya
c. Seragam, jumlah banyak, waktu cepat, sifat lebih baik dari induknya
d. Seragam, jumlah banyak, waktu lama, sifat sama dengan induknya

21. Teknik bercocok tanam dengan menggunakan media udara, akar tanaman dibiarkan menjuntai di udara, pemberian nutrisi dengan cara disemprotkan ke udara. Teknik ini disebut …
a. Tabulampot
b. Hidroponik
c. Aeroponik
d. Transgenik

22. Setelah digosokkan pada kain wool, penggaris plastik menjadi bermuatan listrik negatif karena :
a. Elektron berpindah dari plastik ke kain wool
b. Proton berpindah dari plastik ke kain wool
c. Elektron pindah dari kain wool ke plastik
d. Proton pindah dari kain wool ke plastik

23. Suatu gaya tarik-menarik antara dua muatan A dan B adalah F. Jika muatan A diperbesar 2 kali, maka besar gayanya menjadi …
a. F
b. ½ F
c. 2 F
d. 3 F

24. Sebuah benda P didekatkan pada benda Q akan tarik-menarik. Benda R bila didekatkan pada benda P akan tarik-menarik, sedangkan benda S bila didekatkan pada benda R saling tolak-menolak. Jika benda R bermuatan positif, maka secara berturut-turut jenis muatan benda P, Q, dan S adalah …
a. Positif, positif, negative
b. Negative, positif, positif
c. Positif, negative, positif
d. Negative, positif, negative

25. Berikut ini pernyataan yang menjelaskan tentang arus listrik yang benar adalah …
a. Merupakan aliran elektron
b. Arahnya sama dengan arah gerak elektron
c. Terjadi bila potensial antara ujung-ujung penghantar sama
d. Terjadi bila ada beda potensial antara ujung-ujung penghantar

26. Perhatikan gambar berikut!

Jika besarnya arus yang mengalir pada Q1= 1A; Q2= 3A; Q3= 2Q1; Q4= Q2, maka arus pada Q5 adalah …
a. 1 A
b. 2 A
c. 3 A
d. 4 A

27. Perhatikan gambar di bawah ini!

Jika beda potensial antara ujung P dan Q 12 V dan kuat arus yang mengalir pada rangkaian 6 A, maka besarnya nilai hambatan X adalah …
a. 5 ohm
b. 4 ohm
c. 2 ohm
d. 1 ohm

28. Perhatikan gambar berikut!

Besarnya I2 adalah …
a. 0,05 A
b. 0,50 A
c. 0,15 A
d. 0,25 A

29. Perhatikan gambar berikut!


Jika besarnya nilai hambatan R sama, perbandingan hambatan pengganti antara gambar I dan gambar II adalah …
a. 1 : 2
b. 2 : 1
c. 1 : 4
d. 4 : 1

30. Perhatikan gambar ampermeter berikut!

Hasil pengukuran pada gambar adalah …
a. 1 A
b. 2 A
c. 3 A
d. 4 A

31. Yang dimaksud dengan gaya gerak listrik adalah …
a. Beda potensial antar kutub-kutub sebuah sumber listrik ketika sumber tidak mengalirkan arus listrik
b. Beda potensial antar kutub-kutub sebuah sumber listrik ketika sumber sedang mengalirkan arus listrik
c. Beda potensial antar kutub-kutub sebuah sumber listrik ketika sumber sedang mengalirkan arus listrik yang rendah
d. Beda potensial antar kutub-kutub sebuah sumber listrik ketika sumber sedang mengalirkan arus listrik yang tinggi

32. Sebuah lampu pijar dihubungkan dengan sebuah batu baterai oleh seutas kabel. Ketika lampu menyala, maka perubahan energi yang terjadi pada rangkaian tersebut adalah …
a. Kimia menjadi listrik
b. Listrik menjadi cahaya
c. Cahaya menjadi listrik
d. Kimia menjadi cahaya

33. Elemen Volta tidak dapat mengalirkan arus listrik dalam waktu lama karena …
a. Timbul gelembung gas yang menempel pada seng
b. Timbul gelembung gas yang menempel pada katoda
c. Timbul gelembung gas yang menempel pada anoda
d. Keping-keping seng dan tembaga yang terendam asam sulfat mudah rusak

34. Aki merupakan elemen sekunder, karena …
a. Dapat diisi kembali jika sudah habis
b. Dapat menghasilkan tegangan tinggi
c. Dapat menghasilkan tegangan arus searah
d. Dapat menghasilkan arus bolak-balik

35. Sebuah ketel listrik dihubungkan ke baterai 12 volt. Jika eleman pemanas memiliki hambatan dalam 12 ohm, maka energi kalor yang dihasilkannya selama 10 menit adalah …
a. 1.800 joule
b. 3.600 joule
c. 7.200 joule
d. 14.400 joule

36. Pemutus daya dengan spesifikasi 4 A; 220 V dapat membatasi pemakaian daya sampai dengan …
a. 880 W
b. 860 W
c. 840 W
d. 820 W

37. Elemen pemanas sebuah kompor listrik 110 V mempunyai hambatan 20 ohm. Kompor ini digunakan untuk memanaskan 1 kg air bersuhu 20 derajat C selama 7 menit. Jika kalor jenis air 4.200 J/kgoC, maka suhu akhir air adalah …
a. 40 derajatC
b. 40,5 derajat C
c. 60 derajat C
d. 60,5 derajat C

38. Sebuah lampu bertuliskan 220 V, 100 W dihubungkan dengan sumber tegangan 110 V. Daya yang digunakan lampu adalah …
a. 25 W
b. 50 W
c. 75 W
d. 100 W

39. Sebuah pesawat televisi dinyalakan rata-rata 6 jam setiap harinya. Televisi tersebut dihubungkan dengan tegangan 220 V dan memerlukan kuat arus sebesar 2 A. Apabila harga 1 kWh adalah Rp. 100,00, maka biaya yang harus dibayar dalam 1 bulan (30 hari) adalah …
a. Rp. 7.790,00
b. Rp. 7.290,00
c. Rp. 7.920,00
d. Rp. 7.270,00

40. Dari pernyataan berikut, yang bukan merupakan cara menghemat energy listrik …
a. Pilih alat listrik yang berkemampuan tinggi tetapi daya listriknya rendah
b. Gunakan alat-alat listrik jika benar-benar diperlukan saja
c. Kurangi lama waktu pemakaian alat listrik yang ada
d. Gunakan alat listrik yang berkemampuan rendah, tetapi daya listriknya tinggi

41. Ruang di sekitar magnet yang masih dipengaruhi oleh gaya tarik magnet disebut …
a. Kutub manget
b. Garis gaya magnet
c. Medan magnet
d. Induksi magnet

42. Berikut ini adalah cara membuat magnet yaitu :
a. Induksi, deduksi, elektromagnet
b. Menggosok, induksi, elektromagnet
c. Menggosok, memukul-mukul, induksi
d. Dipanaskan, menggosok, electromagnet

43. Perhatikan arah garis gaya magnet berikut!

Pernyataan yang benar tentang arah garis gaya magnet adalah …
a. Arah garis gaya magnet kutub yang berlawanan akan saling menolak
b. Arah garis gaya magnet kutub yang sama akan saling menarik
c. Arah garis gaya magnet keluar dari kutub utara menuju kutub selatan magnet
d. Arah garis gaya magnet keluar dari kutub selatan menuju kutub utara magnet

44. Perhatikan gambar elektromagnet berikut, jika logam PQ adalah besi, pernyataan yang benar adalah …

a. P kutub utara, Q kutub selatan
b. P kutub selatan, Q kutub utara
c. Kemagnetan sulit diubah-ubah
d. Magnet PQ akan menjadi magnet permanen

45. Sebuah kawat penghantar sepanjang 10 m berarus listrik 2 A yang berada dalam medan magnet 20 Tesla, maka gaya Lorentz yang bekerja sebesar ….
a. 4 N
b. 40 N
c. 400 N
d. 4000 N

46. Generator atau dynamo adalah alat yang digunakan untuk mengubah …
a. Energi listrik menjadi energi mekanik
b. Energi potensial menjadi energi listrik
c. Energi mekanik menjadi energi listrik
d. Energi listrik menjadi energi potensial

47. GGL induksi timbul karena ….
a. Terjadinya perubahan arah medan magnet di dalam kumparan
b. Terjadinya perubahan fluks magnetik di dalam kumparan
c. Terjadinya perubahan arus listrik di dalam kumparan
d. Terjadinya perubahan kutub-kutub magnet di dalam kumparan

48. Perbedaan antara generator AC dengan DC adalah ….
a. Generator AC menggunakan cincin belah
b. Generator DC menggunakan dua cincin
c. Generator AC menggunakan interuptor
d. Generator DC menggunakan komutator

49. Makin cepat sepeda dikayuh maka nyala lampu makin terang karena ….
a. Perubahan garis gaya magnet makin besar
b. Perubahan garis gaya magnet makin kecil
c. Arus searah yang ditimbulkan makin besar
d. Arus bolak-balik yang ditimbulkan makin kecil

50. Sebuah transformator step-up mempunyai jumlah lilitan primer 1.200 dan lilitan sekunder 6.000 lilitan. Bila kumparan primer dihubungkan dengan tegangan 110 V, maka tegangan pada kumparan sekunder adalah …
a. 220 V
b. 440 V
c. 550 V
d. 500 V

51. Perbandingan jumlah lilitan primer dan sekunder sebuah trafo adalah 5 : 3. Jika kuat arus outputnya 3A, kuat arus primernya adalah ….
a. 1,8 A
b. 5,0 A
c. 15 A
d. 45 A

52. Sebuah trafo memiliki efisiensi 75%. Tegangan inputnya 220 V dan tegangan outputnya 110 V. jika kuat arus primer yang mengalir 2A, kuat arus sekundernya adalah ….
a. 5 A
b. 4 A
c. 2 A
d. 3 A

53. Pada transmisi daya listrik jarak jauh digunakan tegangan tinggi. Alasan yang benar di bawah ini, kecuali …
a. Tegangan tinggi menyebabkan arus listrik yang mengalir kecil
b. Dengan arus listrik yang kecil, energi yang hilang pada saat transmisi menjadi kecil sehingga efisiensi penyaluran tinggi
c. Arus listrik yang kecil membutuhkan ukuran penampang kawat yang lebih kecil sehingga harganya murah
d. Pada tegangan yang tinggi kawat yang diperlukan lebih pendek sehingga menghemat biaya

54. Pada tata surya, planet-planet beredar mengelilingi matahari karena …
a. Adanya gaya gravitasi antara planet dengan matahari
b. Gaya gravitasi matahari lebih besar daripada gaya gravitasi planet
c. Gaya gravitasi matahari sama besar dengan gaya gravitasi planet-planet
d. Gaya gravitasi antara matahari dan planet-planet yang mempertahankan geraknya yang lurus

55. Planet dalam dalam tata surya terdiri dari planet …
a. Merkurius, Venus, Jupiter
b. Mars, Jupiter, Saturnus,
c. Merkurius, Venus, Mars
d. Saturnus, Uranus, Neptunus

56. Perhatikan gambar!

Berdasakan gambar tersebut memperlihatkan bahwa kecepatan revolusi terbesar suatu planet adalah ketika berada pada posisi …
a. A – B
b. C – D
c. E – F
d. A – F

57. Benda langit yang juga disebut planetoid adalah …
a. Meteor
b. Meteorit
c. Meteoroid
d. Asteroid

58. Energi matahari berasal dari reaksi nuklir yang disebut reaksi fusi. Reaksi fusi adalah …
a. Penggabungan inti-inti atom helium menjadi inti atom hydrogen
b. Penggabungan inti-inti atom hydrogen menjadi inti atom helium
c. Pembelahan inti atom helium menjadi inti-inti atom hydrogen
d. Pembelahan inti atom hydrogen menjadi inti-inti atom helium

59. Urutan susunan lapisan matahari dari dalam ke luar adalah …
a. Fotosfer – kromosfer – korona – inti matahari
b. Inti matahari – kromosfer – fotosfer – korona
c. Inti matahari – fotoster – kromosfer – korona
d. Korona – kromosfer – fotosfer – inti matahari

60. Pada saat kita melihat ke arah matahari, cahaya yang berwana putih menyilaukan adalah …
a. Inti matahari
b. Fotosfer
c. Kromosfer
d. Korona

61. Perhatikan data berikut!
1. Granula
2. Sunspot
3. Flare
4. Prominensa
5. Protuberans
Gangguan-gangguan pada matahari yang terbentuk akibat aktivitas matahari terdapat pada nomor …
a. 1, 2, 3
b. 2, 3, 4
c. 1, 3, 5
d. Semua benar

62. Jakarta terletak pada 105 derajat BT. Jika di Jakarta pukul 07.00, maka kota yang terletak di 60 derajat BT menunjukkan waktu …
a. 02.00
b. 03.00
c. 04.00
d. 05.00

63. Perhatikan data berikut!
(1) Pergantian siang dan malam
(2) Adanya gerak semu harian benda langit
(3) Adanya perbedaan waktu di tiap tempat di permukaan bumi
(4) Pengembangan di khatulistiwa dan pemepatan di kedua kutub bumi
(5) Pembelokan arah angin
(6) Pembelokan arah arus laut
(7) Perbedaan percepatan gravitasi di permukaan bumi
Akibat adanya rotasi bumi yang benar adalah nomor …
a. 1, 2, 3
b. 1, 3, 4
c. 5, 6, 7
d. Semua benar

64. Pernyataan berikut yang berhubungan dengan gerhana bulan parsial adalah …
a. Bulan seluruhnya masuk ke dalam umbra bumi
b. Bulan hanya sebagian masuk ke dalam umbra bumi
c. Bulan seluruhnya masuk ke dalam penumbra bumi
d. Bulan hanya sebagian masuk ke dalam penumbra bumi

65. Perhatikan gambar!

Peristiwa yang terjadi berdasarkan gambar di atas adalah …
a. Pasang purnama
b. Pasang perbani
c. Pasang purnama dan pasang perbani
d. Tidak terjadi pasang

66. Peristiwa berikut ini yang terjadi karena pelapukan mekanik adalah …
a. Rapuh dan rusaknya gedung atau bangunan akibat terkena hujan asam yang terjadi dalam waktu lama
b. Batuan di tempat terbuka yang mengalami pemanasan dan pendinginan dalam waktu lama berangsur-angsur retak dan hancur
c. Terbentuknya stalaktit dan stalakmit di dalam gua akibat pelarutan dan penguapan kalsium karbonat
d. Perpanjangan dan perbesaran akar pohon dapat menimbulkan retak atau pecahnya batuan di dekat pohon tersebut

67. Berikut ini yang merupakan dampak positif tenaga endogen adalah …
a. Abu vulkanik yang dikeluarkan pada saat terjadi gunung meletus bersifat menyuburkan tanah
b. Timbulnya lahar dingin yang akan turun bersama air hujan
c. Sedimentasi akan menghasilkan daratan baru yang subur
d. Erosi pada lapisan-lapisan batuan akan mempermudah proses penambangan mineral

68. Pemanasan global disebabkan oleh banyaknya gas-gas rumah kaca di atmosfer. Yang termasuk gas rumah kaca adalah …
a. Ozon
b. Oksigen
c. Karbondioksida
d. Hydrogen

69. Pemanasan global adalah …
a. Terperangkapnya gelombang inframerah di permukaan bumi karena adanya lapisan gas polutan di atmosfer
b. Kenaikan suhu rata-rata permukaan bumi akibat dari peristiwa efek rumah kaca
c. Peristiwa rusaknya lapisan ozon sehingga radiasi ultraviolet ke bumi meningkat
d. Kenaikan suhu di permukaan bumi akibat dari musim kemarau yang berkepanjangan

70. Sikap dan tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak dari pencemaran udara, kecuali …
a. Penanaman lahan gundul
b. Membatasi penggunakan kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil
c. Lokalisasi daerah industri
d. Menghemat penggunaan energi listrik.


selamat mengerjakan, semoga sukses...!!!


Yogyakarta, 1 November 2011
soal di atas diambil dari berbagai sumber.

23 komentar:

I Love Science said...

Untuk seluruh siswa kelas IX di manapun kalian berada, selamat belajar... semoga sukses!!!

Dan khusus untuk siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Depok tahun pelajaran 2011/2012, ini kenang-kenangan dari saya untuk kalian semua... selamat belajar... dan bersungguh-sungguhlah dalam setiap langkah kalian. Insya Allah keberhasilan dan masa depan yang baik akan singgah dalam kehidupan kalian. Sukses untuk semuanya...!!!

Fauzan Hadi said...

Soal ini bener buat UAS gak yah? Kalo iya berarti bocoran dong...

I Love Science said...

Untuk saudara Fauzan, terima kasih atas komentarnya, soal ini bukan bocoran, bukan soal yang digunakan untuk ujian semester di sekolah setempat, soal ini sekedar untuk latihan menghadapi ujian semester saja. Selamat belajar...!

lanang mboel said...

semoga soal ini akan membantu saat ulangan umum besok,,, :)

sarrah blues said...

ADUH SOAL NYA LUMAYAN SUSAH YA

story about me said...

Soal soal ini ada caranya ga?

reno said...

kunci jawabannya mana?

Anonymous said...

kunci jwabannya mana? masa gk ada? gimana mau nyocokinnya?

Anonymous said...

semoga soal ini dapat mmbantu dalam ujian

kdrama lover said...

terima kasih atas sharingnya...

Jo said...

thanks eaa

Ghiyas Uzumaki said...

Trimakasih buat soal-nya mba. Dan saya suka dengan Blog-nya. So Beautiullll...^^

Anonymous said...

mantab

Anonymous said...

pembahasannya mana?

Anonymous said...

Mantep eaa ngitungnya *duh, alay* thanks banget ^^)/

tisna ErayaniVillpulip said...

Ini soal nya menantang sekaliii

Readgan.com - Lets Be Smart said...

Untuk seluruh siswa kelas IX di manapun kalian berada, selamat belajar dan berjuang...semoga sukses dengan hasil yang memuaskan :)

Elly rosidha said...

mana jawabanya brooooooooooooooooooooooooooooooooooooo..

Unknown said...

judulnya UAS smt 1 kok soalnya campur materi smt dan 2 ya??

Jonathan Marbun said...

judulnya UAS smt 1 kok soalnya campur materi smt dan 2 ya??

fitri nurhati said...

Maaf, judulnya memang untuk kelas IX smt 1, tapi, karena di tiap2 sekolah urutan materinya tdk sama, maka seolah2 materinya campur dengan semester 2. Soal2 di atas disusun berdasarkan silabus ipa smp 2006. Jika di sekolah anda sdh mnggunakan K 13 atau urutan mengajarnya disesuaikan kebijakan internal sekolah, maka akan jdi beda. Jadi, diambil yg baik2 sajalah, pelajari sesuai urutan di sekolah masing2.

tita tauristiyah said...

Nggk ada pembahasannya 😑 😞

Werilya said...

kunci jawabannya ada?

Post a Comment

 

©2009 I Love Science | by TNB